Belajar OOP (Part 1, Class)

14 Aug 2013

Sebenarnya saya sudah belajar OOP sekitar 2 tahun lalu. Hari ini saya sengaja mencatatnya hanya sebagai catatan pribadi untuk keperluan kedepannya. Sekalian sebagai pengingat akan materi yang sudah diajarkan oleh bapak dan ibu dosen. :-D.

Baiklah, saya langsung saja to the point mengenai apa yang dimaksud OOP. OOP (Object Oriented Programming) merupakan sebuah teknik atau paradigma dalam dunia pemrograman yang berorientasikan pada objek dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam suatu kelas maupun objek. Beberapa konsep dasar OOP itu meliputi : Class, Object, Encapsulation, Pholymorphism dan Inheritance. Kita nantinya akan bahas satu persatu mengenai konsep-konsep dasar tersebut.

Konsep yang pertama adalah Class. Class adalah sekumpulan fungsi dan data dalam satu unit yang bertujuan tertentu. Berikut adalah program sederhana mengenai Class.
OOP (Part1, Class) photo OOPPart1.png

Penjelasan :

Program tersebut mempunyai nama Class adalah Person. Dimana Class Person mempunyai attribut atau property $name dan $email. $name dan #email mempunyai visibilitas (Hak Akses) Protected (akan dijelaskan artikel lain), dimana hanya bisa diakses oleh Class tersebut dan keturunannya.

Fungsi getName() dan getEmail() bertugas untuk mengembalikan nilai property $nama dan $email yang terlabih dahulu diisi melalui fungsi setData($name, $email).


TAGS PHP OOP Class Belajar OOP


-

Author

Follow Me